Laman

E S A ___ M R

Minggu, 22 November 2015

Nama Pahlawan, Jadi Nama Jalan di Luar Negeri

Assalamu'alaikum....
Setelah tadi nge-post tentang tutorial, Esa akan memposting seputar nama pahlawan, nama kota dan lain-lainnya yang digunakan sebagai nama jalan di beberapa negara. Yuk readmore

1. Presiden Pertama Indonesia Soekarno dijadikan nama jalan di Rabat, Maroko yakni Rue Soekarno. Peresmian jalan tersebut dilakukan langsung oleh Soekarno pada 2 Mei 1960. Selain nama presiden Indonesia, Maroko juga menamai jalan lainnya dengan nama Jakarta.

2. Selain Soekarno, Wakil Presiden Mohammad Hatta juga laris dijadikan nama jalan di luar negeri. Di Haarlem, Belanda, tepatnya di kawasan perumahan Zuiderpoider yang dibangun pada 1987 terdapat Mohammad Hattastraat.
3. Di sekitar Mohammad Hattastraat, juga terdapat jalan bernama Sutan Sjahrir. Sutan pernah menjadi Ketua Komite Nasional Indonesia Pusat pada 1945.
4. Tak sampai di situ, ternyata nama pahlawan Indonesia banyak diabadikan oleh Belanda sebagai nama jalan. Raden Adjeng Kartinistraat juga dapat ditemui di Amsterdam Zuidoost. Selain di Amsterdam, nama tokoh emansipasi wanita tersebut juga berdiri di Haarlem dan Utrech.
5.  Irawan Soejono adalah seorang pemuda Indonesia yang gagah berani bagi Belanda. Irawan saat itu menimba ilmu di Leidin dan menjadi aktivis pergerakan. Sayangnya, ia terbunuh oleh pasukan SS Nazi Jerman yang saat itu menduduki Belada pada 13 Januari 1945. Untuk mengenang dirinya, namanya dicatut sebagai nama jalan di Amsterdam, Belanda.
6. Setelah lama direncanakan untuk diabadikan sebagai nama jalan di Den Haag Belada, akhirnya Munirstraat akan diresmikan pada Sabtu depan (11/4/2015). Nama jalan tersebut diambil dari seorang aktivis HAM Munir Said Thalib alias Munir. Peresmian tersebut akan langsung dihadiri oleh istri Munir, Suciwati. Munir wafat pada 2004 di atas pesawat Garuda Indonesia dalam penerbangan Jakarta menuju Amsterdam untuk melanjutkan studinya.
Wah, unik sekali ya, nama-nama jalan di luar negeri ini! Teman-teman, kalau ada yang mau repost, kasih credit ya *lebay*.
Wassalamu'alaikum....

2 komentar:

Komentar yang baik
Jangan berkata kasar