Laman

E S A ___ M R

Sabtu, 16 Mei 2015

8 Tips Belajar yang Efektif


Sudah lihat judul diatas? Pastinya ini merupakan info yang berguna untuk kawan-kawan semua. Sepertinya, besok Senin tanggal 18 Mei 2015, ada kakak-kakak kita yang akan melaksanakan Ujian Nasional. Biasanya kan libur 3 hari, tetapi, kalau aku satu minggu!  HOREEEE LIBURRR!!
Tapi, Esa mau kasih info buat kakak-kakak yang akan menghadapi Ujian Nasional, nih! Yuk kita baca selengkapnya! (sebenarnya Jum'at tanggal 29, aku Ujian Kenaikan Kelas)


1.Pilih Waktu Yang Tepat Untuk Belajar.

   Waktu belajar yang pas adalah pada saat badan kita masih segar. Memang sih tidak semua orang mempunyai waktu belajar yang sama. Tapi biasanya, pagi hari adalah waktu yang baik untuk berkonsentrasi penuh. Ngulek Terasi sekalian mbak yuuu. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah. Jadi, kalian kalau diajari guru pada pagi hari, harus mendengarkan ya! Kalau siang enggak usah! *eh eh, harus juga, dong*


2.Bangun Suasana Belajar Yang Nyaman

   Banyak hal yang bisa buat suasana belajar kita menjadi nyaman. Kita bisa memilih lagu sesuai dengan mood kita. Tempat belajar juga bisa kita sesuaikan. Kalau sedang bosan di kamar, bisa belajar di teras, perpustakaan atau tempat lainnya yang membuat kita nyaman belajar. Kuncinya, jangan sampai aktivitas belajar kita terganggu oleh pihak lain.


3.Kembangkan Materi Yang Sudah Dipelajari

   Kalau kita sudah mengulang materi dan menjawab semua soal latihan, jangan langsung tutup buku. Cobalah kita berpikir kritis ala ilmuwan (weiiiesst!). Buatlah beberapa pertanyaan yang belum tercantum dalam soal latihan. Kita boleh minta tolong guru, teman atau orang tua. Kalau belum puas, cari jawabannya lewat buku referensi lain atau internet. Cara ini mengajak kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis.

4.Mencatat Pokok-Pokok Pelajaran

   Tinggalkan catatan pelajaran penting. Ambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran sebelum ujian. 


5.Membaca Adalah Kunci Belajar

   Supaya kita bisa paham, minimal bacalah materi baru dua kali dalam sehari, yakni sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh guru. Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak 3 kali, jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita.


6.Belajar Itu Memahami, Bukan Sekedar Menghafal

   Yap! Fungsi utama kenapa kita harus belajar adalah memahami hal-hal baru. Kita boleh hafal 100 % sampai hafalan itu diluar kepala kita tentang semua detail pelajaran. Tapi yang paling penting adalah apakah kita sudah mengerti betul dengan semua materi yang dihafal itu? Jadi sebelum menghafal, selalu usahakan untuk memahami dulu garis besar materi pelajaran. Tapi, kalau jadi rujukan, kita boleh menyingkat. Seperti MEJIKUHIBINIU - merah,  jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.


7.Latih Sendiri Kemampuan Kita

   Sebenarnya kita bisa melatih sendiri kemampuan otak kita. Pada setiap akhir bab pelajaran, biasanya selalu diberikan soal-soal latihan. Tanpa perlu menunggu intruksi dari guru, coba jawab semua pertanyaan tersebut dan periksa sejauh mana kemampuan kita. Kalau materi jawaban tidak ada di buku, kita bisa bertanya kepada orang tua, teman atau guru.


8. Sediakan Waktu Untuk Istirahat

    Belajar boleh kencang, tapi jangan lupa untuk istirahat. Kalau di kelas setiap jeda pelajaran, gunakan untuk melemaskan badan dan pikiran. Setiap 30-45 menit, waktu belajar kita di rumah selalu diselingi dengan istirahat. Kalau pikiran sudah suntuk, percuma saja memaksakan diri. Setelah istirahat, badan menjadi segar dan otak pun siap materi baru.


Semoga bermanfaat ya!
Dan, semoga kakak-kakak berhasil dalam menghadapi ujian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang baik
Jangan berkata kasar