Laman

E S A ___ M R

Sabtu, 19 September 2015

Roadshow ke Negara Tetangga - Brunei Darussalam

Assalamu'alaikum...
Hari Minggu ini, enaknya buka blog Esa sambil belajar pengetahuan yang menarik disini. Selama ada Esa, ilmu masih terikat dong! Hehehe.... Jangan lupa untuk minum obat ya *??* Udah ah! Readmore aja yuk! (cieee readmore-nya baru)
Profil Negara:
a. Nama negara              :Brunei Darussalam.
b. Ibu kota                      :Bandar Sri Begawan.
c. Kepala negara             :Sultan.
d. Kepala pemerintahan  :Sultan.
e. Tanggal merdeka        :1 Januari 1984
f. Bahasa resmi               :Melayu.
g. Lagu kebangsaan         :Allah Pelirakan Sultan.
h. Bentuk pemerintahan  :Monarki (kesultanan)
i. Mata uang                    :Dollar Brunei

Sebelah utara: Laut Cina Selatan
Sebelah timur:Malaysia
Sebelah selatan:Malaysia
Sebelah barat: Malaysia

Brunei Darussalam terletak di Pulau Kalimantan bagian utara. Wilayah Brunei Darusslam terbagi menjadi dua, yaitu wilayah barat yang disebut wilayah Belait dan wilayah timur yang disebut dengan wilayah Temburong. Sungai-sungai di Brunei antara lain Sungai Tukong, Sungai Belait, Sungai Brunei, dan Sungai Temburong.
Bentuk pemerintahan Brunei Darussalam adalah kesultanan (kerajaan). Kepala negara dan kepala pemerintahannya adalah sultan. Sultan memiliki kekuasan yang sangat besar. Selain menjadi anggota parlemen, sultan juga memegang kekuasaan tertinggi sebagai ketua menteri.
Penduduk Brunei Darussalam terbesar adalah suku bangsa Melayu. Sebagian besar penduduknya menganut agama Islam. Hasil tambang terbesar adalah minyak dan gas bumi.

Daerah tepi pantai Brunei berupa rawa-rawa  hutan bakau. Adapun daerah pedalaman berupa perbukitan yang terdapat hutan hujan. Hutan ini menjadi tempat hidup berbagai satwa, seperti gajah, harimau, harimau tutul dan kera.Gunung yang tertinggi adalah Gunung Pagon yang mempunyai ketinggian 1.850 meter di atas permukaan laut. Sungai Belait merupakan sungai terpanjang di negara ini yang mengalir di dekat wilayah perbatasan bagian barat (gambar diatas adalah sungai Belait). Negara Brunei Darussalam beriklim tropis dengan curah hujan rata-rata 2.000 mm per tahun. Musim hujan terjadi pada bulan Oktober-April dan musim kemarau terjadi pada bulan April-Oktober.
Dalam percakapan sehari-hari, penduduk Brunei menggunakan bahasa Melayu, Inggris dan Cina. Bahasa Melayu menjadi bahasa nasional. Penduduk Brunei memiliki tingkat kesejahteraan yang tinggi. Pemerintah menyediakan perawatan kesehatan dan pendidikan secara cuma-cuma (gratis). Kondisi ekonomi negara Brunei Darussalam sangat bergantung pada ekspor minyak bumi dan gas alam. Sementara itu, komoditas impornya adalah mesin-mesin pertanian, alat transportasi, tekstil, dan bahan pangan dari negara lain.
Nah ... Esa sudah selesai kan, untuk memberikan info seputar negara Brunei Darussalam? Hmm, besok negara apa ya? Kalian boleh usul, kok.... ^^
Wassalamu'alaikum....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang baik
Jangan berkata kasar