Laman

E S A ___ M R

Jumat, 11 September 2015

Roadshow ke Negara Tetangga - Singapura

Assalamu'alaikum....
Udah baca yang Roadshow ke Malaysia? Kalau belum, di baca dulu ya. Habis itu, baca yang ini. Siapkan pula susu kental manis putih dan biskuit roma kelapa sebagai camilan ini. Semoga kalian suka dengan infonya ya. Credit adalah : Buku IPS Terpadu
Nama negara              : Singapura
Ibu kota                      : Singapura
Bentuk negara            : Republik
Kepala negara            : Presiden
Kepala pemerintahan : Perdana Menteri
Tanggal merdeka       : 9 Agustus 1965
Bahasa resmi              : Inggris
Lagu kebangsaan       : Majulah Singapura
Bentuk pemerintahan : Republik
Mata uang                  : Dollar Singapura

Singapura memiliki batas wilayah sebagai berikut:
a. Sebelah utara : Selat Johor
b. Sebelah timur : Selat Karimata
c. Sebelah selatan : Selat Singapura
d. Sebelah barat : Selat Malaka

Singapura merupakan negara terkecil dan termaju di Asia Tenggara. Singapura dibangun oleh Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1819. Kota tersebut pada awalnya digunakan sebagai benteng dan pelabuhan militer Kerajaan Inggris. Singapura berhasil mencapai kemerdekaan dari Kerajaan Inggris tanggal 4 Agustus 1959.

Pada September 1963, Singapura berbentuk kesatuan dengan Persatuan Malaysia, tetapi persekutuan itu terpecah, sehingga Singapura dikeluarkan pada 7 Agustus 1965. Penyebabnya yaitu konflik ideologi antara UMNO (partai berkuasa di Malaysia) dan Partai Aksi Rakyat Singapura (PAP) pimpinan Lee Kuan Yew. Pada tanggal 9 Agustus 1965, Singapura merdeka dan berdiri sebagai negara republik. Malaysia menjadi negara pertama yang mengakui Singapura sebagai negara yang merdeka.

Letak Singapura yang strategis menjadikan Singapura sebagai jalur singgah kapal laut tujuan negara-negara Asia Tenggara, Asia Timur, Australia, serta berbagai kawasan di dunia. Oleh karena itu, pelabuhan laut dan pelabuhan udara Singapura termasuk pelabuhan sibuk yang disinggahi banyak kapal laut dan pesawat terbang.Kegiatan yang menopang perekonomian Singapura adalah perdagangan, industri, dan pariwisata. Dari hasil industrinya, Singapura dapat mengekspor mesin dan alat transportasi, barang-barang konsumsi, bahan kimia, dan produk olahan minyak. Adapun bahan mentah untuk keperluan industri dan bahan bakar minyak diperoleh dari impor.

Hampir seluruh wilayah Singapura merupakan daratan rendah yang rata. Sisanya adalah tanah bergelombang dengan beberapa bukit di sebelah barat laut dan daerah berawa-rawa di barat daya. Beberapa bukit diantaranya Bukit Timah, Bukit Gombak, Bukit Panjang, dan Bukit Mandai. Wilayan Singapura dahulu berupa hutan lebat. Seiring kemajuan teknologi dan adanya pembangunan, sekarang hampir seluruh kawasan hutan sudah berubah menjadi wilayah perkotaan. Pengembangan kota bahkan dilakukan hingga rawa-rawa yang berada di sekitar pantai.

Berdasarkan letak astronomis dan pengaruh keadaan alamnya, Singapura memiliki iklim tropis dengan suhu rata-rata 27, 2 derajat celcius.Singapura memiliki tiga musim, yaitu musim panas, musim hujan yang sejuk dan musim pancaroba. Curah hujan di negara ini cukup tinggi, yaitu rata-rata lebih dari 2.420 mm per tahun.

Singapura berada di sebelah selatan Semenanjung Malaka. Wilayahnya terdiri atas sebuah pulau besar, yaitu Pulau Singapura, dan beberapa pulau kecil, seperti Pulau Tekong Besar, Sentosa dan Ubin. Kenampakan alamnya berupa daerah perbukitan. Bukit-bukit di Singapura antara lain Bukit Panjang, Bukit Timah dan Bukit Kalang. Sungai-sungai besar yang mengalir di Singapura antara lain Sungai Jurong, Sungai Selatar dan Sungai Serangoon, Waduk besar di Singapura yaitu Waduk Macritchie, Waduk Pandan, Waduk Pierce dan Waduk Seleter.

Mayoritas penduduk Singapura adalah etnis Cina. Agama yang berkembang di Singapura adalah Islam, Buddha, Konghucu, Tao, Hindu dan Kristen. Negara Singapura menjadi pusat perdagangan da perindustrian di Asia Tengggara.
Ini adalah Universal Studia Singapura
Gambar Jurong Bird Park
Gambar Night Safari Singapore
Gambar Underwater World Singapore
Gambar Museum Peranakan
Bagaimana menurut kalian? Keren tidak salah satu negara tetangga kita ini? Semoga Indonesia dan Singapura tidak mengalami sesuatu yang berkaitan dengan masalah-masalah.
Wassalamu'alaikum....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang baik
Jangan berkata kasar